Herbal Anugrah Alam

   Ampuhnya Spirulina atasi Penyakit

Bahan Herbal | Spirulina PowderDitengah maraknya penggunaan bahan alami spirulina salah satu pilihan untuk pengobatan penyakit. Sebetulnya spirulina bukan barang baru didunia pengobatan sudah sejak 400 tahun lampau, herbal ini merupakan makanan tradisional suku Aztek dan Maya disemenanjung Yukatan, Meksiko. Wajar jika keamanan mengkonsumsi spirulina terjamin. Pun bagi anak-anak dan perempuan hamil. Spirulina banyak dimanfaatkan untuk mengembalikan kesehatan.

Tanaman Obat | Spirulina | Ganggang Hijau BiruSpirulina merupakan ganggang hijau biru berukuran amat mini, 1 mm. Sebutan spirulina mengacu pada bentuknya yang spiral. Beberapa nutrisi spirulina adalah betakaroten, zeasantin, dan pikosyanin. Senyawa itulah yang berperan sebagai anti oksidan sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Spirulina mempunyai kekayaan antioksidan yang luar biasa untuk menetralisir radikal bebas.

Kandungan gizi spirulina lengkap dan mudah diserap tubuh sehingga melancarkan pencernaan. Dengan kandungan gizi lengkap, tubuh memperbaiki sel-sel rusak. Kelebihan lain spirulina adalah kandungan vitamin A dan D sangat baik bagi kesehatan mata dan tulang. Kadar vitamin K mencapai 2, 5 kali lipat dari kebutuhan dan zat besi yang memenuhi 80% kebutuhan tubuh melancarkan peredaran darah. Kandungan kromium pada spirulina mencapai 21% dari kebutuhan tubuh juga baik bagi penderita diabetes untuk merangsang kinerja pankreas memproduksi insulin.

Tanaman Obat | Spirulina | Ganggang Hijau BiruMasih ada faedah lain spirulina, klorofil yang tinggi berguna sebagai detoksifikasi atau mengeluarkan racun termasuk radikal bebas dalam tubuh.  Radikal bebas memicu beragam penyakit seperti kanker. Bagaimana spirulina mengatasi sel kanker? Itu lantaran spirulina mampu menghasilkan faktor alfa. Alfa zat kimia yang tokcer menggempur sel tumor. Mekanisme lain, lantaran tumbuhan ini mengandung polisakarida yang mampu memperbaiki sintesis. Selain bersifat preventif spirulinapun dapat digunakan sebagai terapi kuratif untuk mengatasi beragam penyakit.

 

Sumber : Majalah Trubus 442, September 2006/XXXVII.

 

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa