Banyak Manfaat Spirulina : Dari Kebutuhan Hobi Hingga Pengobatan

 

           Bagi penghobi ikan hias Spirulina bukan barang asing lagi. Mereka banyak menggunakannya sebagai campuran pakan karena kandungan proteinnya yang tinggi sehingga dapat mempercapat pertumbuhan ikan, menambah kekebalan tubuh, dan mempercepat pertumbuhan sirip. Kandungan Antioksidannya mampu menghalau stres pada ikan, sedang Pigmen Astasantin dan Zeaksantin yang terkandung di dalamnya dapat mencerahkan warna merah pada ikan.

           Herbal ini sudah  dikonsumsi oleh suku Aztec dan suku Maya sejak 400 tahun silam. Mereka banyak menggunakannya sebagai makanan tradisional. Di dunia pengobatan, Spirulina sangat banyak sekali manfaatnya. Terbukti sebagai tanaman ganggang yang memiliki kemampuan hidup yang kuat, dengan habitatnya yang  minim sumber energi yaitu matahari. Spirulina juga didukung dengan berbagai penelitian untuk membuktikan keunggulannya. Paling tidak 12 penghargaan dari badan-badan pangan dan kesehatan dunia disematkan kepada yang namanya Spirulina.

Berikut beberapa keunggulan dari Spirulina;

1.      Antioksidan

      Kandungan nutrisi pada Spirulina diantaranya Betakaroten, Zeasantin dan Pikosyanin yang merupakan senyawa aktif, dan berperan sebagai Antioksidan yang sangat luar biasa untuk melawan radikal bebas sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi kuat. Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, guru besar Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga, Kandungan Betakaroten pada spirulina mencapai 10 kali lipat daripada lobak dan wortel.

Antioksidan ini sangat membantu melindungi dari radikal bebas. Mereka dapat mencegah kanker, menjaga kesehatan sel tubuh dan memperbaiki fungsi mata. Peran lain sebagai tembok penghalang berkembangnya tumor ganas dan perubahan kromosom. Pada kulit dapat mencegah penuaan dini dan juga membantu mengencangkan kulit.

 

2.    Regenerasi Sel

    Kandungan gizi Spirulina lengkap dan mudah diserap oleh tubuh. Yaitu protein yang 3 kali lebih tinggi daripada daging sapi, kalsium 6 kali lebih tinggi dari susu, dan zat besi 100 kali lebih tinggi daripada bayam. Protein yang lengkap dengan asam aminonya berfungsi membangun sel-sel tubuh.

Pada kasus stroke, sel-sel otak akan lebih terarahkan sehingga mencegah stroke ulangan. Pada kulit, regenerasi sel kulit akan membantu menghilangkan bekas jerawat.

 

3.      Detoksifikasi

    Klorofil yang tinggi mampu mengeluarkan racun dalam tubuh termasuk radikal bebas yang memicu beragam penyakit seperti kanker.

 

4.       Antivirus

      Gustafson KR dan Cardellina JH II dari National Cancer Institute pada 1989 menyebutkan pengaruh Sulfaglycolipids pada sel manusia dengan konsentrasi tertentu ampuh menghadang serbuan infeksi virus HIV-1. Didukung dengan ditemukannya Kalsium Spirulan menghambat pergerakan virus, oleh Hayashi dari Fakultas Ilmu Farmasi, Toyama Medical & Pharmaceutical University, Jepang.

 

5.       Membantu Penyerapan Gizi Makanan

        Telah dikutip pada International Journal of Food Microbiology, memberikan Spirulina dapat meningkatkan jumlah bakteri Lactobacilus dan menghilangkan Candida Albicans yang pada akhirnya dapat memudahkan penyerapan gizi di dalam tubuh.

 

              Dengan kandungan yang sangat bermanfaat dan beragam tersebut, Spirulina banyak dijadikan sebagai bahan produk kesehatan. Banyak pula dalam penggunaannya sebagai perawatan kulit dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Namun penggunaannya juga tidak boleh berlebihan untuk mencegah efek samping seperti alergi berupa gatal-gatal.

 

Sumber : Majalah TRUBUS edisi 442, “Ampuhnya Spirulina Atasi Penyakit”

 

Bubuk Spirulina yang berkualitas dapat didapatkan melalui Online Store Herbal Anugrah Alam ataupun secara Offline di alamat kami.