Herbal Anugrah Alam

   Benarkah Ramuan Tradisional Bisa Mengatasi Aneka Penyakit?

Ramuan tradisional adalah media pengobatan yang menggunakan tanaman dengan kandungan bahan-bahan alamiah sebagai bahan bakunya. Di Indonesia penggunaan ramuan tradisional erat kaitannya dengan pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun temurun.Bahan Jamu | Bahan Herbal | Herbal Anugrah Alam

 

Bahan Herbal | Kunyit SerbukDikota-kota besar sudah mulai bermunculan dokter-dokter yang mengkombinasikan cara pengobatannya dengan ramuan tradisional. Ramuan tradisional bersifat konstruktif, artinya pengobatan dilakukan untuk memperbaiki bagian yang terserang secara perlahan, tetapi menyeluruh.

Bahan Jamu | Bahan Herbal | Daun Jambu BijiMetode farmakologi modern senantiasa berhasil mengungkapkan adanya dasar-dasar ilmiah dibalik resep-resep ramuan tradisional. Selama mengikuti takaran yang dianjurkan, proses pembuatannya higienis, dan cara penyimpanannya yang baik, niscaya efek samping negatif obat tradisional tidak perlu dikhawatirkan.

Sebagai contoh, daun jambu biji, cukup ampuh menghentikan diare jika direbus bersama kunyit. Ambil satu jari rimpang kunyit dan lima lembar daun jambu biji yang masih muda. Kedua bahan tersebut dicuci bersih. Rimpang kunyit diparut dan daun jambu biji diremas-remas untuk diambil airnya. Kedua bahan tersebut dicampurkan lalu disaring. Ramuan ini untuk satu kali minum, tiga kali sehari.

  

Sumber : Buku, Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Penerbit, Redaksi Agromedia, Jakarta 2003

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa