Herbal Anugrah Alam

   Bungur Obat Kencing Manis

Tanaman Obat | Pohon Bungur | Daun BungurBungur (Lagerstromia speciosa) yang dikenal sebagai tanaman hias peneduh jalan, ternyata mengandung zat yang dapat mengobati kencing manis. Penyakit kencing manis(diabetes mellitus) timbul karena tubuh tidak bisa menghasilkan hormon insulin yang cukup, sehingga gula dalam darah tidak bisa diubah menjadi glikogen yang bisa disimpan dalam otot atau jaringan hati. Akibatnya kadar gula dalam darah meningkat dan ginjal tidak mampu menyerap gula kembali.  Hingga gula darah lolos melalui saringan dan keluar bersama air seni. Selain itu penderita juga akan merasa cepat lelah, ingin banyak minum dan selalu haus, ingin banyak makan tetapi selalu cepat lapar.

Daun dan buah bungur setelah dianalisa mengandung plantisul, yaitu zat yang aktivitasnya seperti insulin. Menurut hasil penelitian Dr.  Garcia pada tahun 1940 daun bungur yang sudah tua sebanyak 20 g kalau direbus dalam 100 ml air selama 45 menit, jika diminum mempunyai kekuatan 6-6, 7 unit insulin. Namun sampai sejauh ini,  plantisul dari daun bungur ini belum jelas susunan kimianya, tapi sudah jelas khasiatnya sebagai anti diabetik.

Bahan Herbal | Bahan Jamu | Daun BungurSebenarnya, seluruh bagian tanaman bungur bisa digunakan untuk penyakit kencing manis, tapi yang terbaik adalah daunnya yang sudah tua.

Anda bisa membuat sendiri obat tradisional untuk kencing manis ini. Siapkan daun bungur yang sudah tua sebanyak 30 g dan air.,kemudian direbus sampai air tinggal setengahnya. Setelah dingin dapat diminum 3 kali sehari, setengah jam atau satu jam sebelum makan. Ini dilakukan setiap hari sampai penyakit kencing manisnya sembuh.

Perlu diingat, sampai saat ini yang diketahui berkhasiat sebagai antidiabetik adalah bungur yang bunganya berwarna ungu(Lagerstromia speciosa), sedangkan yang berbunga merah muda(Lagerstromia indica) masih perlu diteliti lebih lanjut.

 

Sumber : Majalah Trubus 238. TH. XX. September 1989.  Penulis, Zainal Arifin, Kepala tanaman apotik hidup air mancur TMII. 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa