Herbal Anugrah Alam

   Cara  Mengobati Diare dengan Ramuan Tradisional

                Diare paling sering menyerang anak-anak, terutama balita. Namun, tidak menutup kemungkinan orang dewasapun bisa mengalaminya. Diare alias mencret disebabkan adanya pembusukan makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus. Hal tersebut bisa terjadi karena usus kekurangan bakteri yang dapat membantu pencernaan, kesalahan mengonsumsi obat, keracunan, dan mengonsumsi makanan basi atau makanan yang tidak bersih. Pembusukan makanan bisa menimbulkan rasa sakit perut. Untuk mencegah terjadinya mencret harus diterapkan pola hidup bersih, seperti membiasakan mencuci tangan sebelum makan, tersedianya jamban keluarga, tidak mengonsumsi makanan yang sudah basi, dan mengurangi kebiasaan jajan di pinggir jalan.

Penderita diare menunjukkan gejala sebagai berikut.

1.            Sering buang air besar (lebih dari lima kali dalam sehari).

2.            Kotoran (feses) sangat encer.

3.            Timbul rasa sakit atau mulas dibagian perut.

4.            Wajah pucat.

5.            Pada balita, biasanya diikuti dengan muntah-muntah.

6.            Tubuh menjadi lemah.

Bagaimana cara mengataasi diare dengan ramuan tradisional ?

                Ada banyak resep ramuan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati diare. Berikut ini akan disajikan beberapa resep.

a.            Ramuan 1

Satu rimpang kunyit dan kapur sirih secukupnya. Rimpang kunyit dicuci hingga bersih lalu diperas dan disaring. Ke dalamnya dicampurkan sedikit kapur sirih. Ramuan ini diminum satu sendok makan setiap hari.

b.            Ramuan 2

 Satu jari rimpang kunyit dan lima lembar daun jambu biji yang masih muda. Kedua bahan tersebut dicuci bersih . Rimpang kunyi diparut dan daun jambu biji diremas-remas untuk diambil airnya. Kedua bahan tersebut dicampurkan lalu disaring. Ramuan ini untuk satu kali minum, tiga kali sehari.

 

Sumber : Buku "Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Penulis, Redaksi Agromedia. Penerbit, Agromedia Pustaka, Jakarta 2003.  

 

 

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa