Herbal Anugrah Alam

   Deskripsi Pasak Bumi

                Tumbuhan ini dipercaya memiliki kemampuan meningkatkan daya seks kaum pria. Padahal , kenyataannya hanya berkhasiat sebagai tonikum untuk memulihkan kelesuan tubuh. Sampai saat ini pasak bumi masih diperoleh dari dalam hutan.

                Pasak bumi alias Eurycoma longifolia ini berasal dari keluarga Simaroubaceae (Simaroubaceae terdiri dari 20 genera  - 120 spesies). Termasuk tumbuhan hutan tropis indomalesia, yang tumbuh ditempat teduh, dan tidak dapat tumbuh pada temperatur rendah. Tanaman ini banyak tumbuh di hutan Kalimantan, Sumatera, Riau, dan semenanjung Malaysia. Tapi ada juga yang menyebutkan, di hampir semua daerah tropis, tumbuhan ini bisa ditemukan.

                Tumbuhan yang di daerah Minangkabau disebut Tongke Ali ini, bentuk daunnya 'pinnate". Panjangnya bisa satu meter, berwarna hijau tua di bagian permukaan, dan warna keperak-perakan di bagian bawahnya. Sementara daun mudanya berwarna kemerah- merahan. Tinggi tanamannya bisa mencapai 15 meter. Di dalam hutan , biasanya tanaman pasak bumi ini berada di bawah naungan pohon-pohon yang besar.

                Pasak bumi juga berbunga dan berbuah. Tangkai bunganya bergantung dan bercabang-cabang. Panjangnya bisa mencapai 60 cm. Bunganya berwarna keputh-putihan, kecil-kecil, dan jika sedang mekar mengeluarkan aroma yang harum. Musim bunganya akan bergantung kondisi iklim. Di daerah kering atau yang kemaraunya panjang, musim bunganya jatuh di sekitar Januari-maret. Tapi di wilayah khatulistiwa, biasanya terlihat antara bulan September-Desember.

                Buah tanaman pasak bumi ini kecil-kecil sebesar buah kopi. Warnanya beraneka ragam, tergantung tingkat kematangannya. Mulai dari yang kuning, oranye, merah terang, merah dan yang masak berwarna merah keungu-unguan. Tangkai buahnya bisa mencapai 60 cm.,bercabang-cabang. Dan setiap cabang tingkat kematangan buahnya tidak pernah merata. Karena itu, kombinasi warna buah itu menjadi menarik dan indah dipandang.

                Daging buah tanaman ini tipis, dan bijinya sebesar biji jeruk. Di setiap buah hanya ada satu biji. Kulit bijinya agak keras, dan di dalamnya terdapat dua kotiledon hijau. Rasanya pahit. Tapi anehnya, buah dan biji tanaman ini sering di makan hewan seperti kera, burung, dan tikus hutan.

                Hal lain yang menarik , pada tanaman ini mulai dari akar, kulit, batang, daun, buah dan biji semuanya terasa pahit. Ini terjadi karena tanaman ini mengandung saponin, sitosterol, dan stigmasterol. Saponin pada pasak bumi , khasiatnya mirip dengan saponin pada ginseng.

 

 

Sumber : Majalah Trubus 270. TH. XXIII. Mei 1992. Penulis, Sonny NS  

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa