Herbal Anugrah Alam

   Kelor, Tanaman Sejuta Manfaat

 

Tanaman kelor dengan nama latin Moringa Oleifera merupakan tanaman asli daerah Himalaya, seperti India, Pakistan, Banglades, dan Afganistan. Tanaman kelor dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 300-500 mdpl. Tanaman kelor memiliki batang utama berwarna kelabu dan memiliki perakaran kuat dengan tinggi tanaman sekitar 7-11 meter. 

Tanaman kelor mempunyai daun majemuk yang berbentuk menyirip, dengan bunga yang berwarna putih kekuning-kuningan yang keluar sepanjang tahun.

Setiap organ tanaman kelor mengandung zat aktif yang bermanfaat bagi tubuh, seperti glikosida pyrrole alkaloid dan marumosides A dan B. Sedadngkan pada ekstrak methanol daun kelor mengandung asam klorogenik, rutin quercetin glucoside, kaempferol rhamnoglucoside, dan procyanidin.

Dari kandungan zat aktif yang terkandung dalam organ tanaman kelor memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan maupun penyembuhan, seperti:

  • -Bagian Daun, berkhasiat sebagai antimikroba, antibakteri, antiinflamasi, infeksi, virus Ebstein Barr (EBV), virus HIV/AIDS, cacingan, penurun gula darah, dan batu ginjal.
  • -Bagian Bunga, berkhasiat untuk mengobati sariawan, radang tenggorokan, antitumor, rematik, gangguan saraf, serta sebagai sumber nutrisi dan tonik.
  • -Bagian Kulit, berkhasiat untuk mengatasi karang gigi, flu, sariawan, antitumorrr, rematik, dan sebagai detoksifikasi.
  • -Bagian Biji, berkhasiat untuk mengobati kutil, antitumor, lambung, dan demam.
  • -Bagian Buah, berkhasiat sebagai antihipertensitif, antiinlamasi, mengobati rematik, dan menjaga kesehatan reproduksi.
  • -Bagian Akar, berkhasiat untuk mengobati flu, demam, asma, penguat jantung, edema, epilepsy, afrodisiak, penyegar kulit, dan hepatamegali.
  • -Bagian Getah, berkhasiat untuk mengobati demam, disentri, asma, dan gangguan syaraf.

Tanaman kelor dalam sediaannya dapat dijadikan sebagai simplisia kering, serbuk, dan ekstrak yang dapat diolah dengan cara direbus atau diseduh. Dari berbagai manfaat tersebut, bagaimana cara pengolahan tanaman kelor yang tepat untuk dijadikan obat?. Salah satu ramuan yang dapat kami bagikan disini adalah ramuan penurun gula darah serta ramuan mata bengkak dan pandangan kabur.

Ramuan Penurun Gula Darah:

  1. Ambil 30 g daun kelor  yang telah dicuci bersih.
  2. Kemudian masak daun kelor tersebut kedalam 3 gelas air dan tunggu hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih ambil air rebusan sebanyak 1 gelas untyuk sekali konsumsi.
  4. Saran yang dianjurkan dalam mengkonsumsi rebusan daun kelor dengan meminumnya 3 kali dalam sehari.

Ramuan mata bengkak dan pandangan kabur:

  1. Siapkan serbuk daun kelor sebanyak 20 gr.
  2. Kemudian rebus dalam 3 gelas air.
  3. Setelah siap, minum air rebusan sebanyak 3 kali dalam sehari.
  4. Saran yang dianjurkan, dapat mengkonsumsi  rebusan serbuk daun kelor selama 2 pekan.

 

Sumber : Buku “100 Plus Herbal Indonesia, Bukti Ilmiah dan Racikan Vol 11“. Penerbit PT Trubus Swadaya.

 

Update terakhir: June 09. 2022 15:58:48
Pilihan Bahasa