Herbal Anugrah Alam

   Kembang Sepatu Si Cantik yang Berkhasiat

                Selama ini kembang sepatu dikenal sebagai tanaman hias. Namun ternyata tanaman berbunga menarik ini juga berkhasiat untuk obat batuk yang disertai sesak nafas.

                Kembang sepatu {Hisbiscus rosa sinensis) merupakan perdu setinggi 4 meter. Dari nama asing itu bisa diduga tanaman ini berasal dariCina. Bunganya bermahkota bulat telur terbalik, sepanjang 8, 5 cm, berwarna merah tua. Dewasa ini sudah banyak sekali "hibrida"nya dengan beraneka warna lain yang sangat menarik.

                Di dunia pengobatan tradisional, kembang sepatu dimanfaatkan sebagai obat. Seluruh bagian tanaman mengandung zat lendir atau "mucin". Bunganya mengandung hebiscetin yang berperan meredakan batuk.

                Batuk,  bisa jadi merupakan suatu gejala normal hidup kita sehari-hari. Ini merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam saluran pernafasan. Hembusan keluar dari batuk itu, merupakan akibat aksi reflek yang spontan terhadap rangsangan yang menimbulkan rasa gatal pada saluran pernafasan.

                Walaupun batuk dianggap sebagai aksi reflek biasa, tetapi kalau berlangsung berkepanjangan (apabila disertai pengeluaran zat yang tak semestinya dan sesak nafas seperti asma), ia mesti segera mendapat perhatian serius.

                Lalu apa hubungannya dengan kembang sepatu ? Karena kembang sepatu yang mengandung 'mucin"itu, bisa memberi rasa sejuk pada kerongkongan dan rongga dada. Selain itu, juga bisa memacu lendir dalam saluran pernafasan agar keluar lebih banyak, sehingga mudah dibatukkan keluar.

                Pemanfaatan tanaman itu sebagai obat ialah sebagai berikut :

1.            Cara Panas

                Daun atau bunga kembang sepatu sebanyak 20 gram direbus selama 15-20 menit. Setelah rebusan menjadi dingin, airnya disaring dan ditambah dengan madu atau gula batu secukupnya agar hilang rasa pahitnya. Air ini diminum , setiap kali minum 2 sendok makan , sehari boleh minum 4-5 kali.

2.            Cara Dingin

                Daun atau bunga kembang sepatu dilumatkan dan diberi air yang sudah dimasak, lalu dibiarkan semalaman atau diembunkan. Keesokan harinya disaring dan ditambah madu atau gula batu secukupnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, orang sering memanfaatkan kuncup bunganya.

 

Sumber : Majalah Trubus 231. TH. XX. Februari 1989. Penulis, Drs. Z. Arifin-Lab. Apotik Hidup, TMII.

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa