Herbal Anugrah Alam

   Khasiat Kedawung 

Tanaman Obat _ Pohon KedawungSebagai pohon peneduh tepi jalan dan halaman rumah karena tajuknya yang lebar mampu menaungi halaman dibawahnya. Buah polongnya yang tidak begitu panjang (20 cm) bisa berisi 15-20 butir. Baunya sedap, kalau sudah masak. Rasanya gurih karena mengandung lemak dan protein, agak asam-asam manis karena adanya asam tartrat dan sedikit glukosa.

Biji kedawung sudah lama dimanfaatkan oleh nenek moyang kita sebagai obat diare. Biji kedawung mengandung tanin yang bersifat astrigen (menciutkan) jaringan sel terutama jaringan organ dalam kita.  Disamping itu ia juga mengandung glikosid pahit yang dapat menumpas kuman, dan zat pati yang mampu menyerap zat pengganggu, setelah biji agak diarangkan waktu digoreng tanpa minyak.

Diare bisa disebabkan gangguan pencernaan, bisa karena infeksi kuman seperti bakteri dan Amoeba (sejenis Protozoa patogen). Biji kedawung hanya dapat mengobati diare karena gangguan proses pencernaan makanan. Mestinya proses ini berlangsung dalam lambung dan usus halus, tapi karena sesuatu sebab, lambung tak mampu menghasilkan enzim-enzim pencernaan yang cukup. Maka makanan yang belum dicerna dengan cukup itu lalu meluncur ke usus besar untuk diragikan. Akibatnya proses peragian itu tidak dapat berlangsung sempurna dan usus besar terus menekan makanan yang belum tercerna sempurna ini makin meluncur keluar.

Tanin sebagai astrigen dalam biji kedawung mampu menciutkan dinding usus, sehingga menyetop diare jenis ini. Zat giklosid dalam kedawung yang sebenarnya mampu menumpas kuman, hanya terdapat dalam kulit biji, yang justru dibuang karena dikupas. Itulah sebabnya untuk mengobati diare akibat infeksi kuman, kulit biji harus disertakan .

Caranya: biji kedawung digoreng tanpa minyak seperti biji kopi, namun dijaga jangan sampai biji itu menjadi arang, gorengan biji ini kemudian dikupas kulitnya, lalu dimakan. Boleh dikunyah, boleh juga ditumbuk halus sebelum ditelan sekaligus, sebanyak satu sendok teh. Untuk mengobati diare akibat infeksi kuman, kulit biji ini harus ikut dimakan.

Selain itu biji kedawung juga berkhasiat mempercepat kesembuhan luka-luka pada ibu yang habis bersalin. Caranya, biji kedawung yang sudah digoreng ditumbuk halus lalu diseduh sebanyak satu sendok teh dan ditelan, cukup 2 kali sehari saja. Sesudah sembuhpun ibu yang sedang menyusui bayinya dianjurkan agar tetap menggunakan serbuk kedawung ini secara berkala. Khasiatnya perut bayi yang sedang disusui dapat terhindar dari sakit kembung.

 

Sumber: Majalah Trubus 263. TH. XXII Oktober 1991. Penulis, Slamet Soeseno.

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa