Herbal Anugrah Alam

   Manfaat Tanaman Obat untuk Perawatan Wajah

                Beberapa tanaman berkhasiat obat juga dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah agar tidak menimbulkan masalah-masalah pada kulit wajah, sehingga berfungsi untuk pencegahan, Jenis tanaman yang bisa digunakan untuk perawatan wajah antara lain sebagai berikut.

1.            Bengkuang

                Penggunaan bedak bengkuang kering atau masker bengkuang dapat membuat kulit menjadi halus, menghilangkan noda-noda di wajah (flek), menghilangkan bekas jerawat, serta dapat mengencangkan kulit. Caranya, ambilah beberapa buah bengkuang, kemudian keringkan dengan memakai mesin atau dapat dikeringkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Kemudian ditumbuk sampai menjadi bubuk.              

                Cara pemakaiannya, bubuk bengkuang dipakai dengan cara mencampurkan bubuk tersebut dengan air bersih atau air mawar dan dipakai seperti memakai bedak. Tunggu hingga mengering. Setelah kering, bersihkan dengan menggunakan air bersih. Cara lain dengan menggunakan masker bengkuang yang telah jadi dan banyak dijual ditoko-toko. Penggunaannya cukup dengan mencampur bubuk masker dengan air bersih atau air mawar, langkah selanjutnya sama dengan penggunaan bubuk bengkuang kering,

2.            Ketimun

                Ketimun dapat digunakan secara teratur untuk mendinginkan wajah, relaksasi, menghilangkan kerutan di kulit wajah, dan mengencangkan kulit. Caranya, keringkan satu buah ketimun. Pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari langsung, tetapi cukup dikeringkan saja. Lalu ditumbuk hingga menjadi bubuk. Cara pemakaiannya, sama seperti memakai bedak. Selain dijadikan bubuk, ketimun juga dapat digunakan dalam keadaan segar. Caranya , buah ketimun diiris tipis, kemudian potongan ketimun segar tersebut ditempelkan di kulit wajah.

3.            Tomat

                Sama dengan ketimun, tomat dapat digunakan dalam keadaan segar atau dijadikan bedak tomat. Penggunaan yang teratur dapat menyegarkan kulit wajah, membuat kulit wajah dalam keadaan istirahat sehingga otot-otot wajah mengendur, dan wajah terlihat muda.

4.            Mawar

                Mawar berfungsi untuk membersihkan kulit wajah dari kotoran-kotoran yang menempel. Caranya, kumpulkan sepuluh kuntum mawar, kemudian remas-remas. Air hasil remasan diambil dan digunakan untuk membersihkan kulit wajah.

 

Sumber : Buku "Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit. Penulis, Redaksi Agromedia, Penerbit, Agromedia Pustaka, Jakarta 2003.  

 

 

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa