Herbal Anugrah Alam

   Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Ramuan Tradisional

                Penyakit yang sering disebut rinitis alergica ini disebabkan oleh alergi. Faktor penyebab alergi juga beragam, antara lain debu rumah, tepung sari bunga (polen), udara dingin, asap rokok, atau asap pabrik. Penyakit rinitis ini merupakan gejala awal dari penyakit sinusitis (peradangan rongga sinus di wajah). Gejala yang sering timbul pada penderita sebagai berikut.

1.            Hidung tersumbat

2.            Kesulitan bernafas karena lubang hidung tersumbat.

3.            Terkadang disertai dengan gejala batuk dan flu.

4.            Keluar air mata akibat alergi dan rasa gatal.

5.            Terkadang diikuti dengan demam.

Ramuan apa yang bisa dipakai untuk mengobatinya ?

                Untuk memperkuat syaraf hidung sekaligus memperkuat kondisi tubuh, bisa diracik ramuan tradisional sebagai berikut.

Bahan-bahan

                Tiga batang sereh, dua ruas jahe merah, tujuh biji cengkeh, tujuh biji kapulaga, satu batang kayu manis, dan satu sendok teh bubuk kayu secang.

Cara membuatnya

                Jahe merah dan sereh dicuci hingga benar-benar bersih lalu dimemarkan. Jahe merah dan sereh tersebut direbus dalam enam gelas air. Setelah agak mendidih, biji cengkeh, biji kapulaga, kayu manis, dan bubuk kayu secang dimasukkan ke dalam air rebusan, lalu dibiarkan terus mendidih hingga air rebusan tersisa tiga gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring dan dimasukkan ke dalam botol yang bersih.

Cara memakai

                Ramuan tersebut diminum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas. Sebelum diminum bisa ditambahkan satu sendok makan madu ke dalamnya.

 

 

Sumber : Buku"Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka  Penyakit. Penulis, Redaksi AgroMedia. Penerbit, AgroMedia Pustaka Jakarta 2003. 

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa