Herbal Anugrah Alam

   Ragam Khasiat Pule

                Bagian tanaman pulai yang lazim diambil dan dimanfaatkan untuk obat adalah kulit batang dan dahan. Kulit ini berwarna coklat dan kalau sudah kering gerubah menjadi sedikit putih kecoklatan dengan tebal sampai 8mm. Kulit kering inilah yang diperjual belikan pedagang ramuan jamu dengan sebutan pule.

                Sebelum dipakai untuk obat, kulit ini terlebih dahulu ditumbuk menjadi tepung halus yang tahan disimpan lama dan bisa dimanfaatkan kapan diperlukan. Adapun penyakit yang bisa diatasi dengan pule ini antara lain :

1.            Malaria

                  Ambilah satu sampai dua sendok makan kulit pule yang sudah ditumbuk. Tepung pule ini direbus dengan dua gelas air. Godok terus sampai airnya susut menjadi separuh. Selanjutnya air godokan ini didinginkan. Nah inilah yang diminum sekaligus pagi hari. Jika penyakit ini sudah lama, buatlah dalam jumlah banyak dan minumlah dua kali sehari. Selama minum tepung pule ini dianjurkan untuk tidak menyantap yang asam dan pedas.

2.            Kencing Manis

                Untuk yang sakit gula,  ambilah tepung kulit pulai satu sendok teh. Rebus dengan satu gelas air. Agar sari pati pulai ini meresap, biarkan mendidih sampai airnya tinggal setengah. Nah, air rebusan inilah yang kita minum tiap hari. Menurut pengalaman, penyakit ini tidak akan segera sembuh, tetapi hasil yang terlihat nyata, bagian tubuh yang membengkak akan segera pulih. Dianjurkan, guna menekan kadar gula dalam air kencing rendah minumlah ramuan ini secara teratur selama dua bulan. Lebih lama lebih baik.

3.            Merangsang Nafsu Makan

                Bagi yang nafsu makannya rendah, serta tubuh lemah dan mudah lelah, silahkan ambil satu sendok tepung pulai. Rebus dalam air satu gelas sampai airnya tinggal separuh. Pagi-pagi ketika perut masih kosong, minumlah air rebusan ini sekali sehari. Selama minum obat ini jangan makan yang pedas-pedas dan asam.

4              Bengkak Bernanah

                Punya luka yang bengkak serta bernanah, cobalah ambil getah pulai dengan jalan melukai batangnya. Getah pulai ini akan segera mematangkan luka tersebut.

 

Sumber : Majalah Trubus - No 203 -Tahun XVII - Oktober 1986

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa