Herbal Anugrah Alam

   Ramuan untuk Penyakit Anemia dan Kurang Gizi

                Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan zat besi di dalam darah sehingga produksi darah merah tidak bisa optimal. Zat besi adalah salah satu unsur penting dalam pembentukan sel atau butir darah merah. Ada kecenderungan anemia banyak dialami oleh wanita karena berkaitan dengan siklus haid yang dialaminya. Penderita anemia biasanya menunjukkan gejala sebagai berikut.

1.            Muka pucat, lesu, dan cepat letih.

2.            Kepala sering pusing.

3.            Setelah jongkok, mata berkunang-kunang.

4.            Malas bekerja.

5.            Selera makan kadang menurun.

6.            Jika berjalan , tungkai terasa cepat pegal.

7.            Kadang kala pingsan.

 

Bagaimana cara mengatasi anemia ? Bahan apa saja yang digunakan dan bagaimana cara meramunya?

Berikut resep ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi anemia, diantaranya :

Ramuan I

                Bahannya, satu genggam daun bayam duri, satu buah kuning telur, dan satu sendok makan madu. Caranya, Daun bayam duri di cuci bersih dan di giling sampai halus . Lalu campurkan setengah gelas air masak, peras dan saring. Masukkan satu buah kuning telur ayam dan satu sendok makan madu, lalu di kocok sampai merata. Cara memakainya, di minum dua kali sehari dengan dosis satu gelas setiap kali minum.

Ramuan II

                Bahannya, setengah genggam akar tapak liman, satu sendok makan madu murni, dan dua sendok teh air perasan jeruk nipis. Caranya, akar tapak liman di cuci bersih lalu digiling sampai halus. Tuangkan satu sendok makan madu murni dan dua sendok teh air jeruk nipis, peras dan saring airnya. Cara memakainya, diminum dua kali sehari dengan dosis tiga sendok makan sekali minum.

 

Sumber : Buku "Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Aneka Penyakit". Penulis, Redaksi AgroMedia. Penerbit, AgroMedia Pustaka Jakarta 2003.    

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa