Herbal Anugrah Alam

   Serai Pengusir Nyamuk

 

                Selama ini serai kita kenal sebagai bumbu masak atau bahan pencampur jamu. Bentuk daunnya sekilas mirip alang-alang dengan tulang daun sejajar dan liat bisa mencapai panjang 1 meter lebar 1, 5 cm. Dibalik kegunaannya sebagai bumbu masak, ternyata zat yang terkandung didalamnya juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Berdasarkan hasil penelitian tanaman yang tumbuhnya merumpun ini diketahui mengandung zat-zat seperti geraniol, metilheptenon, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan terutama adalah sitronelal.

                Zat sitronelal memiliki sifat racun kontak. Sebagai racun kontak ini ia dapat menyebabkan kematian pada serangga seperti nyamuk. Jika terkena racun ini nyamuk akan kehilangan cairan secara terus-menerus hingga tubuh nyamuk kekurangan cairan dan pada akhirnya nyamuk akan mati.

                Secara sederhana kita dapat membuat ekstrak serai. Caranya, sediakan 1 kilo daun dan batang daun serai, lalu cuci dan tiriskan sampai kering. Setelah dipotong-potong kemudian masukkan sedikit demi sedikit kedalam blender, lalu haluskan. Masukkan hasil blenderan kedalam 250 ml air, kemudian rendam selama semalam. Setelah itu, saring dan masukkan kedalam botol, lalu encerkan dengan aquades sesuai kebutuhan. Untuk menggunakannya, tuangkan ekstrak serai kedalam alat penyemprot, lalu semprotkan ke tempat dimana nyamuk-nyamuk bersembunyi.

 

Sumber : Majalah Herba Edisi 46 Mei 2006. Penulis  Arif.

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa