Herbal Anugrah Alam

   Stevia Simanis yang Menyehatkan 

Tanaman Obat SteviaSelain gula tebu, kebutuhan akan pemanis juga disuplai oleh gula kelapa, aren, dan siwalan. Hanya saja produksinya tidak menunjukan tingkat pertumbuhan yang berarti. Selain bahan pemanis alami,  digunakan juga bahan pemanis sintetis seperti sakarin dan siklamat. Pemanis buatan tersebut banyak digunakan oleh berbagai industri kecil sebagai bahan pemanis makanan dan minuman karena harganya yang murah dibandingkan gula tebu.

Namun demikian penggunaan bahan sintetik tersebut mengandung berbagai reaksi kontroversial karena dari beberapa penelitian  diketahui bahwa penggunaan dalam produk makanan dan minuman diduga mempunyai efek yang kurang baik terhadap kesehatan dan dicurigai menjadi salah satu penyebab kanker. Karena itu beberapa negara maju telah membatasi penggunaan pemanis sintetis dalam produk makanan.

Ditengah kondisi tersebut, gula stevia agaknya merupakan alternatif yang bisa digunakan untuk menggantikan kedudukan gula sintetik. Stevia memiliki keistimewaan pada tingkat kemanisannya yang 200-300 kali lebih manis daripada sukrosa dengan kadar kalori yang rendah. Rahasia tingkat kemanisannya ternyata terletak pada senyawa-senyawa kimia yang dikandungnya, yaitu steviosida, steviobiosida, rebaudiosida A-D, Dulkoside A.

Bahan Jamu | Stevia Kering | Stevia BubukSenyawa-senyawa inilah yang dikenal sebagai glikoside diterpen. Dengan tingkat kemanisan yang tinggi serta aman bagi kesehatan. Prospek stevia dalam menggantikan penggunaan pemanis buatan ini sangatlah besar mengingat data penggunaan gula sintetis terus meningkat dari tahun ke tahun.

Karena tingkat kalorinya yang rendah, tentu saja pemanfaatannya pun harus tepat yakni untuk industri makanan yang memang dibuat berkalori rendah, misalnya produk yang ditujukan untuk mengatasi diet kegemukan maupun penderita diabetes.

Biasanya daun stevia digunakan dalam bentuk kering (simplisia) atau dapat digiling dalam bentuk serbuk.

 

Sumber : Majalah Trubus 269. TH. XXIII April 1992. Penulis, Maudy E. 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa