Herbal Anugrah Alam

   Tapak Liman, Hampir Seluruh Bagian Adalah Obat Herbal

Elephantopus Scaber
          Atau tapak gajah, atau tapak bumi adalah tanaman rumput liar yang berasal dari Amerika tropis.Kini sudah banyak tumbuh di negara Asia dan Polinesia. Mudah tumbuh di pinggiran sawah dan pekarangan.
Hampir seluruh bagian tanaman dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal dan sudah dikenal lama oleh para ahli farmakologi Tiongkok.
 


Kandungan senyawa aktif:
Deoxyelephantopin, Isodeoxyelephantopin, Flavonoid, Polifenol luteolin-7, Glikosida, Lupeol, Epifrieelinol, Stigmasterol, Trikonta-1-ol, Dotriakontan-1-ol hingga Lupeol asetat.
 
 
 
 
 
Pemanfaatan :
-Senyawa Stigmasterol dipercaya mampu membentuk hormon progesteron, banyak dikenal sebagai Viagra Jawa
- Di banyak negara Asia Tenggara, Amerika Latin dan Afrika, banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati nefritis, edema, nyeri dada, demam dan batu kandung kemih.
-Di Thailand dimanfaatkan untuk mengatasi batuk
-Di Taiwan sebagai obat hepatitis
-Di Nigeria untuk mengatasi arthritis
-Di Nepal rebusan akar tapak liman digunakan dalam mengobati diare, disentri, gangguan lambung dan muntah darah pada penyakit tuberculosis
 
Efek Farmakologis :
 
*Antibakteri
          Berfokus pada tinjauan berbagai aplikasi tapak liman dalam pengobatan tradisional serta bioaktivitas ditunjukkan oleh ekstrak bervariasi dan senyawa masing-masing dari tanaman ini. Skrining bioaktivitas ekstrak dan kandungannya senyawa telah menunjukkan bahwa tapak liman memiliki sifat luka penyembuhan, anti-racun, anti-mikroba, anti-inflamasi, aktivitas anti-diabetes, sitotoksik dan anti-tumor.Penelitian ini juga berhasil mengidentifikasi beberapa senyawa seperti deoxyelephtopin, isodeoxyelephtopin, scabertopin, isoscabertopin, elescaberin, 17, 19-dihydrodeoxyelephtopin dan terpenoid yang menunjukkan berbagai fungsi biologis. Disamping potensi komersialisasi tapak liman juga dirangkul di sejumlah paten dan obat tradisional.
            Sebagaimana dibuktikan oleh aktivitas biologis tapak liman yang telah direvisi dalam ulasan ini, sudah pasti bahwa tanaman ini merupakan sumber yang sangat berharga untuk aplikasi obat-obatan dalam spektrum yang luas dari gangguan kesehatan.
"Traditional practice, bioactivities and commercialization potential of Elephantopus scaber Linn",2009 (Journal of Medicinal Plants Research)
 
*Antikanker
          Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara membandingkan dua senyawa aktif dari fraksi etil asetat tapak liman dengan aktivitas antikanker terkuat menunjukkan bahwa, tanaman ini merupakan jamu yang manjur untuk mengobati beberapa sel kanker dan juga untuk beberapa penyakit lainnya.
"Rempah-Rempah Indonesian Traditional Food Flavor toward Modern Functional Food and Herbal Medicine",2019 (Journal of Functional Foods in Health Disease)
 
*Peningkat memori otak
          Ekstrak etanol daun tapak liman menunjukkan aktivitas peningkatan memori pada tikus tua dan peningkatan memori ini mungkin karena peningkatan antikolinesterase dan aktivitas caspase pada otak tikus
"Biological Potential of Elephantopus scaber Linn",2018 (International Journal of Pharmaceutical Sciences Review and Research)
 
          Temuan ini menunjukkan bahwa daun tapak liman memperbaiki respon inflamasi dengan menekan pelepasan sitokin pro-inflamasi. Untuk lebih memperkuat efek tapak liman pada korelasi antara regulasi NF-kB dan produksi sitokin, sel BV-2 diekspos ke etil 3,4-dihidroksisinamat (CAEE), inhibitor NF-kB sebelum stimulasi lipopolysaccharide. Diamati bahwa CAEE secara signifikan mengurangi TNF-α dan IL-1β yang diinduksi lipopolysaccharide dibandingkan dengan kelompok yang diobati dengan lipopolysaccharide dan daun tapak liman. Selanjutnya, tapak liman ditemukan lebih lanjut menurunkan tingkat sitokin pro-inflamasi TNF-α dan IL-1β, menunjukkan bahwa tapak liman mempotensiasi efek anti-neuroinflamasi pada pra-perawatan dengan CAEE. Dengan demikian, data ini menunjukkan bahwa tapak liman memodulasi sitokin pro-inflamasi melalui inaktivasi NF-κB dalam sel BV-2 yang distimulasi lipopolysaccharide.
"Anti-neuroinflammatory Activity of Elephantopus scaber L. via Activation of Nrf2/HO-1 Signaling and Inhibition of p38 MAPK Pathway in LPS-Induced Microglia BV-2 Cells",2017 (Front Pharmacol)
 
*Penyubur rambut
          Berat rambut yang baru tumbuh pada kelompok uji dan kelompok standar diukur dan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Berat rambut secara signifikan (p<0,05) meningkat, ditemukan menjadi 53 dan 58 mg/cm2   area kulit punggung sebesar 2% dan 5% dari formulasi minyak rambut MESL, masing-masing. Sedangkan minoxidil ditemukan 53 mg/cm2 pada area kulit punggung tikus.
"Preliminary study on the impact of methanolic extract of Elephantopus scaber Linn. on hair growth promoting effect in rats",2013 (Journal of HB. Sahoo, Et Al)
 
 
*Menaikkan libido
          Dari hasil analisis didapatkan bahwa pengaruh ekstrak tanaman tapak liman lebih besar terhadap libido mencit jantan bila dibandingkan dengan Kontrol dan tidak ada perbedaan efek antara ekstrak tapak liman dengan Andriol. Dengan demikian tanaman tapak liman (Elephantopus scaber L.) mempunyai khasiat meningkatkan libido pada mencit jantan.
"Pengaruh Ekstrak Air Tanaman Tapak Liman (Elephantopus scaber L.) Terhadap Libido Mencit Jantan pada Malam Hari",2005 (Fakultas Farmasi UBAYA)
 
          Tapak liman herba dan tapak liman akar berupa simplisia kering ataupun serbuk bisa anda dapatkan melalui Shopee Herbalanugrahalam dan Tokopedia Herbal AA Store. Kami juga menyediakan jasa pengemasan kapsul dengan menghubungi Herbal Anugrah Alam.
 
 
Update terakhir: June 09. 2022 15:58:48
Pilihan Bahasa