Herbal Anugrah Alam

   Tingkatkan Daya Ingat dengan Pegagan

                Tanaman yang hidup sebagai penutup tanah dengan mengandalkan stolon sebagai alat berkembang biak ini, sering kali dipakai dalam pengobatan untuk membantu dalam meningkatkan daya ingat. Disamping itu pegagan juga sangat cocok sekali diberikan pada sang buah hati untuk meningkatkan kecerdaasan otaknya. Selain kegunaan tersebut pegaganpun bisa dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.

                Efek yang luar biasa pada pegagan adalah fungsi dalam merevitalisasi sel-sel termasuk diantaranya sel pada pembuluh darah keotak memungkinkan aliran darah menjadi lancar sehingga pasokan nutrisi ke otak dapat terpenuhi.

                Disamping itu juga kandungan kimia asiaticoside, saponin, asam asiatat, dan madecassoside yang terdapat dalam pegagan dapat memacu pembentukan kalogen (pada jaringan fibroblast kulit) sebagai protein yang memacu proses penyembuhan luka. Masih ada segudang senyawa lain yang juga terkandung didalamnya seperti centellose, meso inositol, brahmoside, brahmi acid, karotenoid, pektin garam K, Na, Ca, Fe bahkan vitamin B.

                Didunia pengobatan, pegagan juga termasuk dalam salah satu tanaman yang sangat populer, oleh Agora Heaith Publishing Amerika Serikat, tanaman yang mempunyai nama Cantella asiatica ini, digolongkan kedalam The Most Powerful Healing Herbs. Perannya dalam mengobati penderita hipertensipun tidak dipungkiri. Kemampuannya dalam melancarkan peredaran darah dan juga meningkatkan permeabilitas pembuluh darah kapiler menjadikan tekanan darah berangsur normal sekaligus efeknya sebagai diuretik (peluruh kencing) sangat membantu penyembuhan penyakit hipertensi. Meskipun begitu, FDA (Food and Drug Administration) masih menganggap pegagan sebagai tanaman obat yang belum terdefinisi mengenai keamanannya.

                Masyarakat Sunda yang dikenal sebagai masyarakat yang suka dengan lalapan, seringkali menyantap pegagan  yang mereka sebut antanan gede ini. Kurang lebih 5-10 lembar cukup untuk melengkapi makanan yang biasa mereka makan.Rasanya yang sedikit manis dan segar semakin menambah citarasa pegagan yang juga mengandung vitamin B didalamnya dan mempunyai kegunaan yang sungguh luar biasa ini. Sebenarnya, pegagan juga bisa dimanfaatkan untuk salah satu bahan sayur juga. Bisa dengan mencampurnya dalam sup dengan mengiris tipis-tipis layaknya seledri dalam sup. Untuk pemanfaatannya memang yang paling baik dalam bentuk masih segar.  

                Menjadikan pegagan sebagai minumanpun dapat pula dilakukan. Pegagan yang sudah dikeringkan, lalu diblender sehingga dihasilkan serbuk pegagan lalu diseduh dan diminum seperti layaknya teh yang bisa dijadikan alternatif teh kesehatan pengganti teh konvensional yang sering kita minum tiap hari.

 

Sumber : Majalah Herba edisi 45 April 2006.   

 

 

 

 

  

 .

 

Update terakhir: October 23. 2021 11:31:44
Pilihan Bahasa