Herbal Anugrah Alam

   Alang-Alang

(Imperata cylindrical (L.)Beauv.)

Sinonim :

Lagurus cylindricus L., Imperata arundinacea Cirillo.

Familia :

Poaceae

Nama Daerah :

Naleung lakoe (Aceh), Jih (Gayo), Rih, Ri (Batak), Oo (Nias), Alalang, Hilalang, Ilalang (Minang Kabau), Lioh (Lampung), Halalang, Tingen, Padang, Tingan, Puang, Buhang, Belalang, Bolalang (Dayak), Eurih (Sunda), Alang-alang kambengan (Jawa), Kebut, Lalang (Madura), Ambengan, Lalang (Bali), Rii (Flores), Padengo, Padanga (Gorontalo), Deya (Bugis), Ecer, Muis, Wen (Seram),  Weli, Welia, Wed (Ambon).  

Deskripsi:

Tanaman ini tumbuh pada ketinggian sampai dengan 2700m dpl, pada daerah-daerah terbuka atau setengah tertutup, rawa-rawa, pada daerah-daerah yang habis dibuka,  di tepi sungai, ekstensif pada hutan sekunder, daerah bekas terbakar, sebagai gulma di perladangan, taman dan perkebunan. Tumbuhan ini dapat mempengaruhi tanaman kultivasi lain, karena kebutuhan natrium yang relative tinggi. Berkembangbiak dengan sendirinya. Alang-alang dapat menyebabkan penurunan pH tanah. Besarnya penurunan pH dan hambatan terhadap proses nitrifikasi menunjukan adanya kolerasi positif dengan pertumbuhan alang-alang.

Bagian yang Digunakan:

Hanya akarnya yang digunakan untuk pengobatan.

Komposisi:

Metabolin yang telah ditemukan pada akar alang-alang terdiri dari arundoin, fernenol, isoarborinol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, sitosterol, skopoletin, skopolin, p-hidroksibenzaladehida, katekol, asam klorogenat, asam isoklorogenat, asam p-kumarat, asam neoklorogenat, asam asetat, asam oksalat, asam d-malat, asam sitrat, potassium (0, 75% dari berat kering), sejumlah besar kalsium dan 5-hidroksitriptamin.

Manfaat:

Alang-alang berguna sebagai pelembut kulit, peluruh air seni, pembersih darah, penambah nafsu makan, penghenti pendarahan. Dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit kelamin (kencing nanah,  kencing darah, raja singa), penyakit ginjal, luka, demam, tekanan darah tinggi dan penyakit syaraf.

Cara pemakaian:

 Seduh alang-alang kering menggunakan air hangat,  diminum 2 kali sehari. 

Pilihan Bahasa