Herbal Anugrah Alam

   Jintan Putih

(Cuminum cyminum, Linn.)

Sinonim:

-

Familia:

Apiaceae

Nama Daerah:

Jintan putih (Indonesia), jinten putih (Jawa), ginten (Bali), jinten bodas (Sunda), Jhinten pote (Madura), Jeura engkut, jeura putih (Aceh), jinten pute (Bugis)

Deskripsi:

Jintan putih (cuminum cyminum) dalam kehidupan sehari-hari sering digunakan untuk memasak. Di samping itu, biji jintan putih juga digunakan sebagai pelengkap ramuan obat-obatan tradisional. Biji jintan putih memiliki aroma yang harum dan menarik. Jintan putih dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim sejuk, seperi india utara di dekat pegunungan Himalaya. Di Indonesia meskipun dapat tumbuh, tetapi pada umumnya kurang baik. Jintan putih mempunyai batang kayu dan daunnya bersusun melingkar dan bertumpuk. Daun jintan putih mempunyai pelepah daun seperti ranting-ranting kecil. Bentuk daun jintan putih tidak berwujud lembaran, tetapi lebih mirip benang-benang kaku dan pendek. Warna dominan tumbuhan ini hijau dan bunganya berukuran kecil berwarna kuning tua ditopang oleh tangkai yang agak panjang.

Komposisi:

Biji jintan putih mengandung unsur minyak menguap (terbang) sebanyak kurang dari 8%. Minyak menguap tersebut diperoleh dari biji jintan putih dengan cara disuling.

Manfaat:

Jintan Putih mempunyai sederet manfaat, diantaranya untuk sumber zat besi, membantu menjaga diabetes, mengurangi sindrom iritasi usus besar, menurunkan kolesterol, dan membantu memperlancar proses pencernaan.

 

Update terakhir: September 23. 2022 08:49:03
Pilihan Bahasa