Herbal Anugrah Alam

   Landep

(Barleria prionitis L.)

Sinonim:

Prionitis hystrix, Miq.

Familia:

Acanthaceae

Nama Daerah:

Jarong, kembang landep (Sunda), landep (Jawa), bunga landak (Sumatera), landhep (Madura), katshare’ya, kurantak (India, Pakistan), percufine flower (Inggris).

Deskripsi:

Tumbuhan ini berasal dari Asia tropik dan Afrika Selatan. Di Indonesia ditemukan di daerah yang beriklim kering, tumbuh liar atau ditanam untuk pagar dari dataran rendah sampai 400 m dpl. Perdu, tinggi 1,5-2 m. Batang berkayu, segi empat, berbuku-buku, berambut, berduri kuat yang terdapat pada ketiak-ketiak daun. Helai daun jorong sampai lanset atau bundar telur mamanjang, ujung meruncing, pangkal meruncing menyempit sepanjang tangkai, tepi rata agak berombak, panjang 2-18 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, warnanya hijau. Bunga tuggal, simetris dua sisi, di ketiak daun, mahkota bertaju lima, bentuk elips memanjang, berwarna hijau. Biji bulat telur, pipih, mengkilap sperti beludu, warna cokelat. Perkembangbiakan dengan biji atau stek batang.  

Bagian yang Digunakan:

Daun dan akar.

Komposisi:

Daun landep mengandung saponin, flavonoida, tannin, garam kalium, dan silikat. Sedangkan akar mengandung saponin, flavonoida dan polifenol.

Manfaat:

Daun Landep dapat digunakan untuk pengobatan diantara untuk mengatasi cacingan, menurunkan resiko penyakit vaskular, menurunkan berat badan, menjaga kesehatan tulang, mengatasi sakit perut, dan menyembuhkan demam.

Update terakhir: September 23. 2022 08:49:03
Pilihan Bahasa