Herbal Anugrah Alam

       Gagal diet? Ini Cara Diet yang Tepat dan Mantap

 

            Penilitian para pakar ilmu gizi menunjukan bahwa  untuk keuntungan jangka panjang,  sebenarnya diet yang menurunkan berat badan secara cepat,  tidak lebih efektif dari pada diet "normal" yang menurunkan berat badan secara lambat tetapi mantap.  Diet "normal" yaitu memadukan pengaturan makanan,  kebiasaan makan dan olahraga.

            Makanan yang tepat untuk program diet yang baik harus mengandung semua gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang dibutuhkan.  Makanan ini juga harus enak,  dapat terjangkau ekonomi,  tidak merepotkan,  dan mengandung lebih sedikit kalori daripada yang dibutuhkan oleh tubuh.  Berikut tips penurunan berat badan yang tepat dan mantap:

1.      Tambahkan sayuran sebanyak-banyaknya kedalam makanan, karena tidak ada makanan yang lengkap gizinya tanpa sayuran.

2.      Minum air putih paling sedikit 8 gelas setiap hari.

3.      Kurangi makanan yang berlemak seperti mentega,  santan,  gorengan dan sebagainya,.

4.      Makan tiga kali sehari (pagi, siang, dan sore) secara rutin.

5.      Hidari makanan manis berkalori kosong seperi es krim,  permen,  coklat,  kue-kue manis,  dan sebagainya.

6.      Untuk sumber protein,  pilihlah makanan yang mengandung lemak lebih sedikit seperti dalam urutan berikut: ikan lebih sedikit daripada daging ayam,  daging ayam lebih sedikit daripada daging sapi,  daging sapi lebih sedikit daripada daging babi.

7.      Untuk mengurangi nafsu makan,  makanlah buah atau berolahraga 30 menit sebelum makan.

8.      Makan dengan perlahan-lahan agar merasa kenyang lebih cepat.

9.      Makan hanya setengah sampai tiga perempat dari jumlah makanan yang biasa dimakan.

10.  Berolahraga enam hari seminggu selama paling sedikit 30 menit setiap hari hingga berat badan normal.  Dan sebanyak tiga kali seminggu untuk mempertahankan berat badan ideal. 

Update terakhir: August 16. 2022 15:32:27
Pilihan Bahasa