Herbal Anugrah Alam

Obat Tradisional

 Pengertian Obat Tradisional
 
Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik) atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan berdasarkan pengalaman (BPOM, 2014).

Obat tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Ciri-Ciri Obat Tradisional
 
Ciri obat tradisional: bahan baku berupa simplisia yang sebagian besar belum mengalami standardisasi dan belum pernah diteliti. Bentuk sediaan masih sederhana berupa serbuk, pil, seduhan atau rajangan simplisia dan klaim kahsiat masih berdasarkan data empiris. 
 
Pembagian Obat Tradisional
 
Obat tradisional dibagi 3 kategori: 
1). Jamu
2). Obat herbal terstandar
3). Obat fitofarmaka
 
 Jamu

1. Jamu adalah sediaan obat bahan alam, status keamanan dan khasiat dibuktikan secara empiris.

2. Telah digunakan secara turun temurun minimal 3 generasi. Bila 1 generasi 60 tahun maka 3 generasi 180 tahun. 

3. Formularium gunakan bahan tambahan kencur pada komposisi bahan ramuan atau campuran.

Obat Fitofarmaka
 
Obat fitormaka adalah sediaan obat bahan alam yang telah distandardisasi, status keamanan dan khasiat telah dibuktikan secara ilmiah melalui uji klinik.
 
Obat Herbal Terstandar
 
Obat herbal terstandar adalah sediaan bahan yang telah distandardisasi bahan baku yang digunakan dalam produk jadi, harus memenuhi persyaratan aman dan mutu sesuai dengan persyaratan yang berlaku serta klaim khasiat dibuktikan secara ilmiah pada tahap uji praklinik.
 
Pilihan Bahasa