Pelayanan Kesehatan Tradisional

Pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

 
Obat
 
Obat adalah zat atau bahan aktif yang menyebabkan perubahan fisiologi, anatomi dan psikologi pada sebuah organisme.
 
 Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer
 
A. Pelayanan Kesehatan Tradisional
 
1. Pelayanan Kesehatan Tradisional
 
Pelayanan kesehatan tradisional adalah pengobatan dan/atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai denganm norma yang berlaku di masyarakat.
 
2. Jenis Pelayanan Kesehatan Tradisional
 
1). Pelayanan Kesehatan Tradisional Empiris
 
Pelayanan kesehatan tradisional empiris adalah penerapan kesehatan tradisional yang manfaat dan keamanannya terbukti secara empiris.
 
2). Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer
 
Pelayanan kesehatan tradisional komplementer adalah penerapan kesehatan tradisional yang memanfaatkan ilmu biomedis dan biokultural dalam penjelasannya serta manfaat dan keamanannya terbukti secara ilmiah.
 
3). Pelayanan Kesehatan Tradisional Integrasi
 
Pelayanan kesehatan tradisional integrasi adalah suatu bentuk pelayanan kesehatan yang mengombinasikan pelayanan kesehatan konvensional dengan pelayanan kesehatan tradisional komplementer, baik bersifat sebagai pelengkap atau pengganti.

B. Pelayanan Pengobatan Alternatif dan Komplementer

Pengobatan Alternatif dan Komplementer

 

Pengobatan alternatif dan komplementer adalah pengobatan non konvensional yang ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat meliputi upaya meningkatkan, mencegah, menyembuhkan penyakit dan memulihkan kesehatan yang diperoleh melalui pendidikan terstruktur dengan kualitas, keamanan dan efektifitas yang tinggi yang berlandaskan ilmu pengetahuan biomedik, yang belum diterima dalam kedokteran konvensional.